Pengertian Desain Pemodelan Grafis Serta Hubungannya Dalam Keseharian
Apa
Itu Desain Pemodelan Grafis?
A.
Pengertian
Desain Grafis
Saat
ini banyak sekali yang menggunakan desain unik untuk menarik perhatian konsumen
atau pun user di seluruh aspek kehidupan kita, desain grafis contohnya. Desain
grafis adalah proses untuk membuat cipta karya tampilan dalam sebuah publikasi,
presentasi atau membuat situs web jadi website yang menarik dan unik. Dibawah ini merupakan pengertian setiap kata
mengenai desain grafis:
-Desain : Seni terapan, arsitektur dan
pencapaian kreatif lainnya.
-Pemodelan : Pola/contoh dari sesuatu yang akan
dibuat atau dirancang.
-Grafik
:
Pengungkapan dan perwujudan dalam bentuk huruf, symbol dan gambar dengan
melakukan proses pencetakan.
-Desain
Grafik : Seni dalam berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang
dan gambar. Bidang ini merupkan bagian dari komunikasi visual. Ilmu desain
grafis mencakup seni visual, tipografi, tata letak dan desain interaksi.
B.
Perkembangan
Desain Grafis
Awal
mula desain grafis ialah terbatas hanya pada media cetak dua dimensi. Namun
saat ini perkembangan desain grafis semakin pesat dengan merambahnya ke media
lain seperti audio dan visual. Semua itu tentunya di dukung oleh software
desain yang saat ini semakin mumpuni. Saat ini desain grafis bisa di terapkan
menjadi sebuah desain lingkungan yang mencakup pengolahan ruang.
C.
Prinsip
dan Unsur Desain Grafis
a.
Unsur-unsur:
1. Ukuran
(size)
Ukuran adalah unsur lain dalam desain yang
mendefinisikan besar kecilnya suatu objek.
2. Ruang
(space)
Ruang merupakan jarak antara suatu bentuk
dengan bentuk lainnya, ini dapat dijadikan unsur untuk memberi efek estetika
desain dan dinamika desain grafis.
3. Warna
(color)
Warna untuk menunjukkan identitas visual
4. Garis
(line)
Sebuah garis adalah unsur desain yang
menghubungkan satu titik poin dengan titik poin lainnya sehingga bisa berbentuk
gambar garis lengkung (curve) atau lurus (straight).
b.
Prinsip:
1. Kesederhanaan
Banyak pakar desain grafis menyarankan prinsip ini dalam
pekerjaan desain.
2. Keseimbangan
Keseimbangan adalah keadaan atau kesamaan
antara kekuatan yang saling berhadapan dan menimbulkan adanya kesan seimbang
secara visual.
3. Kesatuan
Kesatuan adalah kohesi, konsistensi,
ketunggalan atau keutuhan yang merupakan isi pokok dari komposisi.
4. Penekanan
Dimaksudkan untuk menarik perhatian
pembaca, sehingga ia mau melihat dan membaca bagian desain yang dimaksud.
5. Irama
Irama merupakan selisih antara dua wujud
yang terletak pada ruang serupa dengan interval waktu antara dua nada music
beruntun yang sama.
D.
Hubungan
Dengan Kegiatan Sehari-hari
1. Bidang
Pendidikan : Tentunya digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada grafik
secara nyata. Contohnya, cover buku pelajaran, animasi untuk pembelajaran dan lain-lain
2. Bidang
Teknologi : Desain grafis, seperti
disiplin ilmu lainnya. Teknologi mempengaruhi bagaimana desain yang diproduksi
dan juga mempengaruhi perkembangan dalam gaya, seni dan masyarakat secara
keseluruhan. contoh dalam bidang teknologi, pembuatan desain foto atau pun video.
3. Bidang
Hiburan : Seperti yang sudah dibahas sebelumnya yaitu berguna pada acara
televise seperti iklan, film kartun bahkan sinetron menggunakan desain grafis
agar tampilannya tampak lebih menarik.
4. Bidang
Perancangan : Digunakan untuk membuat berbagai desain dan model objek yang akan
dibuat misalnya digunakan untuk membuat arsitektur bangunan, desain kendaraan
dan lainnya. contohnya saja aplikasi sketchup untuk pembuatan desain arsitektur
Sumber:
Komentar
Posting Komentar